Investasi : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Jenis

Berinvestasi sesungguhnya adalah tentang “bekerja lebih cerdas”. Sebagian besar orang bekerja keras, baik untuk perusahaan atau bisnis sendiri. Berinvestasi juga tentang membuat prioritas untuk uang Anda. Pengeluaran itu mudah dan memberikan kepuasan instan — apakah berbelanja dengan pakaian baru, berlibur ke tempat eksotis atau makan malam di restoran mewah.

Semua ini indah dan membuat hidup lebih menyenangkan. Tetapi berinvestasi membutuhkan memprioritaskan masa depan keuangan di atas keinginan saat ini. Investasi adalah cara untuk menyisihkan uang saat Anda sibuk dengan kehidupan dan memiliki uang yang bekerja untuk Anda sehingga Anda dapat sepenuhnya memetik hasil kerja Anda di masa depan. Investasi adalah sarana menuju akhir yang lebih bahagia.

Pengertian Investasi

Investasi adalah aset atau barang yang diperoleh dengan tujuan menghasilkan pendapatan atau penghargaan. Dalam arti ekonomi, investasi adalah pembelian barang yang tidak dikonsumsi hari ini tetapi digunakan di masa depan untuk menciptakan kekayaan. Di bidang keuangan, investasi adalah aset moneter yang dibeli dengan gagasan bahwa aset tersebut akan memberikan penghasilan di masa depan atau nantinya akan dijual dengan harga lebih tinggi untuk mendapat untung.

Secara umum, berinvestasi adalah mendistribusikan uang dengan harapan akan mendapat manfaat di masa depan – misalnya, investasi dalam barang tahan lama, dalam real estat oleh industri jasa, di pabrik-pabrik untuk manufaktur, dalam pengembangan produk dan dalam penelitian dan pengembangan.

Di bidang keuangan, manfaat dari investasi disebut pengembalian. Pengembalian dapat terdiri dari keuntungan dari penjualan properti atau investasi, atau pendapatan investasi termasuk dividen, bunga, pendapatan sewa dll, atau kombinasi keduanya. Pengembalian ekonomi yang diproyeksikan adalah nilai potongan yang pantas dari pengembalian di masa depan.

Investor umumnya mengharapkan pengembalian yang lebih tinggi dari investasi berisiko. Ketika anda melakukan investasi berisiko rendah, pengembaliannya juga umumnya rendah. Investor, terutama pemula, sering disarankan untuk mengadopsi strategi investasi tertentu dan mendiversifikasi portofolio mereka. Diversifikasi memiliki efek statistik untuk mengurangi risiko secara keseluruhan.

Manfaat Berinvestasi di Usia Muda

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebagai investor adalah untuk memulai investasi lebih awal. Berinvestasi didefinisikan sebagai melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan dan menghasilkan laba itu akan jauh lebih mudah dilakukan jika Anda memulai lebih awal. Berinvestasi di usia muda tidak selalu mudah, tetapi manfaatnya banyak dan tidak dapat diabaikan.

Inilah lima manfaat terbaik berinvestasi:

  • Potensi penghasilan jangka panjang

Secara historis, investasi yang memiliki beberapa risiko modal—entah itu risiko default pada obligasi korporasi, atau risiko penurunan harga saham—telah memberi banyak manfaat pada para investor. Tentu saja tidak ada jaminan mengenai hal ini.

Jadi, walaupun uang tunai memang lebih aman dibandingkan saham, pada jangka panjang saham bisa menghasilkan potensi pertumbuhan yang signifikan. Plus, setiap volatilitas di pasar saham kadang-kadang dapat merupakan peluang bagi manajer investasi yang ingin membeli saham murah.

  • Memenuhi Kebutuhan di Masa Mendatang

Berinvestasi pada saat ini tujuannya untuk digunakan sebagai pendukung kebutuhan hidup di masa depan. Salah satu contohnya adalah berinvestasi dalam emas, dimana tujuannya adalah untuk dijual di masa depan sebagai dana pendidikan anak.

  • Mengasah tanggung jawab dan rasa percaya diri

Sikap bertanggung jawab dan rasa percaya diri adalah dua hal yang bisa semakin bertambah jika kita melakukan investasi. Secara finansial, tanggung jawab keuangan terhadap keluarga, perusahaan dan pribadi akan meningkat. Sedangkan, rasa percaya diri juga terasah saat melakukan investasi, terutama jika kita terjun langsung dalam usaha yang terkait investasi.

  • Mencapai Financial Freedom

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial, dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus aktif bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang mereka miliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya. Dengan financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia kehendaki atau pun butuhkan dari segi keuangan.

Tidak ada orang yang tidak ingin mencapai financial freedom dari hidupnya. Salah satu hal yang mendekatkan Anda pada tahap hidup yang satu ini adalah dengan berinvestasi. Manfaat investasi ini sangat mungkin bisa Anda rasakan bila Anda rutin berinvestasi dari sekarang.

  • Meningkatkan kebijakan dalam mengeksekusi

Jika ada sebagian dana yang bisa diinvestasikan, seorang investor handal akan mampu melakukan kebijakan dan mengeksekusinya. Semakin panjang jangka waktu investasi, maka semakin banyak pula kebijakan yang bisa diambil. Wawasan dan pengetahuan tentang investasi bisa jadi bekal bagi investor dalam melangkah secara gak bertanggung jawab atau kurang konsisten.

Penting untuk dicatat bahwa menabung untuk berinvestasi pada usia muda bukanlah hal yang mudah, tetapi Anda tidak dapat menunggu untuk berinvestasi ketika nyaman. Jangan menghindar dari berinvestasi karena Anda tidak memiliki dana yang cukup, tetapi anda cukup mulai dengan melakukan investasi kecil dan beri mereka waktu untuk matang.

Berinvestasi adalah salah satu keputusan terbaik yang dapat diambil. Investasi adalah sesuatu yang harus dilakukan semua orang. Ada begitu banyak manfaat berinvestasi sehingga tidak masuk akal untuk tidak memulai.

Tujuan Investasi

Terkait dengan tujuan investasi, maka banyak pengusaha yang melakukan investasi dengan tujuan utamanya untuk mendapatkan keuntungan dan memperluas usaha. Mengacu dari pengertian investasi yang berarti sebagai bentuk penanaman modal, maka investasi dalam bisnis bermanfaat untuk antara lain:

  1. Untuk mendapatkan sebuah pendapatan yang tetap dalam setiap periode, yaitu antara lain seperti bunga, royalti, deviden, atau uang sewa dan lain sebagainya.
  2. untuk membentuk suatu dana khusus, misalnya dana untuk suatu kepentingan ekspansi, kepentingan sosial.
  3. Untuk mengontrol atau mengendalikan suatu perusahaan lain, melalui pemilikan sebagian ekuitas suatu perusahaan tersebut.
  4. Untuk menjamin tersedianya sebuah bahan baku dan untuk mendapatkan pasar untuk produk yang dihasilkan.
  5. Untuk mengurangi persaingan di Antara sebuah perusahaan-perusahaan yang sejenis.
  6. Untuk menjaga hubungan antar perusahaan.

Jenis Investasi

Ada banyak jenis investasi dan gaya investasi yang dapat dipilih. Berbagai investasi alternatif dan memiliki semua atau sebagian dari bisnis hanyalah beberapa contoh. Sebagai seorang investor, Anda memiliki banyak opsi untuk tempat menyimpan uang Anda. Penting untuk menimbangnya dengan cermat.

Investasi umumnya dikelompokkan dalam tiga kategori utama: saham, obligasi dan setara kas. Ada banyak cara untuk berinvestasi dalam setiap ember. Berikut adalah lima jenis investasi yang dapat Anda pertimbangkan untuk pertumbuhan jangka panjang, dan apa yang harus Anda ketahui tentang masing-masing.

  • Stok

Membeli saham memberikan kesempatan kepada pembeli untuk berpartisipasi dalam kesuksesan perusahaan melalui kenaikan harga saham dan dividen yang mungkin diumumkan oleh perusahaan. Pemegang saham memiliki klaim atas aset perusahaan jika terjadi likuidasi, tetapi tidak memiliki aset tersebut.

Pemegang saham biasa memiliki hak suara pada rapat pemegang saham dan hak untuk menerima dividen jika diumumkan. Pemegang saham preferen tidak memiliki hak suara, tetapi menerima preferensi dalam hal pembayaran dividen atas pemegang saham biasa. Mereka juga memiliki klaim atas aset perusahaan yang lebih tinggi daripada pemegang saham biasa.

  • Obligasi

Obligasi adalah instrumen hutang dimana seorang investor secara efektif meminjamkan uang kepada perusahaan atau agen (penerbit) dengan imbalan pembayaran bunga periodik ditambah pengembalian jumlah nominal obligasi ketika obligasi tersebut jatuh tempo. Obligasi diterbitkan oleh perusahaan, pemerintah federal ditambah banyak negara bagian, kota dan lembaga pemerintah.

Ikatan korporasi yang khas mungkin memiliki nilai nominal $ 1.000 dan membayar bunga setengah tahunan. Bunga obligasi ini sepenuhnya dapat dikenakan pajak, tetapi bunga obligasi daerah dibebaskan dari pajak federal dan mungkin dibebaskan dari pajak negara bagian untuk penduduk negara bagian yang menerbitkan. Bunga atas Treasury dikenakan pajak di tingkat federal saja.

Obligasi dapat dibeli sebagai penawaran baru atau di pasar sekunder, seperti halnya saham. Nilai obligasi dapat naik dan turun berdasarkan sejumlah faktor, yang terpenting adalah arah suku bunga. Harga obligasi bergerak terbalik dengan arah tingkat bunga.

  • Reksa dana

Reksa dana adalah wahana investasi gabungan yang dikelola oleh manajer investasi yang memungkinkan investor menginvestasikan uang mereka di saham, obligasi, atau sarana investasi lainnya sebagaimana dinyatakan dalam prospektus dana. Reksadana dinilai pada akhir hari perdagangan dan setiap transaksi untuk membeli atau menjual saham dieksekusi setelah pasar tutup juga.

Reksa dana dapat secara pasif melacak indeks pasar saham atau obligasi seperti S&P 500, Indeks Obligasi Agregat Barclay dan banyak lainnya. Reksa dana lainnya dikelola secara aktif dimana manajer secara aktif memilih saham, obligasi atau investasi lain yang dimiliki oleh dana tersebut.

Reksa dana yang dikelola secara aktif umumnya lebih mahal untuk dimiliki. Biaya yang mendasari dana berfungsi untuk mengurangi pengembalian investasi bersih kepada pemegang saham reksa dana. Reksadana dapat melakukan distribusi dalam bentuk dividen, bunga dan capital gain. Distribusi ini akan dikenakan pajak jika disimpan dalam akun non-pensiun.

Menjual reksa dana dapat menghasilkan keuntungan atau kerugian dari investasi, seperti halnya dengan saham atau obligasi individu. Reksa dana memungkinkan investor kecil untuk langsung membeli eksposur yang terdiversifikasi ke sejumlah kepemilikan investasi dalam tujuan investasi dana tersebut.

Misalnya, reksadana saham asing dapat menampung 50 atau 100 atau lebih saham asing yang berbeda dalam portofolio. Investasi awal serendah $ 1.000 (atau kurang dalam beberapa kasus) dapat memungkinkan investor untuk memiliki semua kepemilikan dana tersebut. Reksadana adalah cara yang bagus untuk investor besar dan kecil untuk mencapai tingkat diversifikasi instan.

  • ETF

ETF atau dana yang diperdagangkan di bursa adalah seperti reksa dana dalam banyak hal, tetapi diperdagangkan di bursa saham selama hari perdagangan seperti halnya saham. Tidak seperti reksa dana yang dinilai pada akhir setiap hari perdagangan, ETF dinilai secara konstan saat pasar terbuka.

Banyak ETF melacak indeks pasar pasif seperti S&P 500, Barclay’s Aggregate Bond Index dan Russell 2000 index dari saham-saham berkapitalisasi kecil dan banyak lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, ETF yang dikelola secara aktif telah muncul, seperti yang disebut ETF beta pintar yang membuat indeks berdasarkan “faktor” seperti kualitas, volatilitas rendah dan momentum.

  • Investasi alternatif

Investasi perumahan dapat dilakukan dengan membeli properti komersial atau residensial secara langsung. Trust investasi real estat (REIT) mengumpulkan uang investor dan membeli properti. REIT diperdagangkan seperti saham. Ada reksa dana dan ETF yang berinvestasi dalam REIT juga.

Hedge fund dan ekuitas swasta juga termasuk dalam kategori investasi alternatif, meskipun hanya terbuka bagi mereka yang memenuhi persyaratan pendapatan dan kekayaan bersih sebagai investor yang terakreditasi. Hedge fund dapat berinvestasi hampir di mana saja dan dapat bertahan lebih baik daripada kendaraan investasi konvensional di pasar yang bergejolak.

Ekuitas pribadi memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan modal tanpa diketahui publik. Ada juga dana milik pribadi yang menawarkan saham kepada investor di sekumpulan properti. Seringkali alternatif memiliki batasan dalam hal seberapa sering investor dapat memiliki akses ke uang mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, strategi alternatif telah diperkenalkan dalam reksa dana dan format ETF, memungkinkan investasi minimum yang lebih rendah dan likuiditas yang besar bagi investor. Kendaraan ini dikenal sebagai alternatif cair.

Investasi adalah subjek yang rumit, tetapi bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang berupaya. Jika Anda tertarik untuk mempercepat jalur pembelajaran Anda, Kursus Investasikan untuk Pemula Investopedia memberikan pengantar mendalam tentang topik. Anda akan belajar dasar-dasar investasi, cara mengelola portofolio Anda, teknik pengurangan risiko  berdasarkan permintaan, latihan dan konten interaktif. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda.