Marketing: Pengertian, Fungsi Dan Strategi

Keuntungan suatu bisnis bergantung pada kegiatan pemasarannya. Proses pemasaran biasa disebut dengan istilah marketing. Jika dijabarkan, marketing adalah kegiatan memasarkan hasil produksi perusahaan melalui berbagai cara, agar produk tersebut dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas.

Sehingga dalam hal ini pengertian marketing tidak hanya sebatas saat terjadi pemasaran, namun juga mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

Pengertian Marketing

Marketing merupakan semua aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan satu produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada target pasar tertentu.

Marketing merupakan perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan.

Singkatnya, semua usaha yang dapat menarik perhatian calon konsumen adalah bagian dari marketing. Marketing memang dekat dengan dengan kehidupan sehari-hari, karena marketing ditugaskan di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Biasanaya kita sebagai konsumen sering dihadapkan pada beberapa pilihan seperti memilih merek dari produk tertentu yang hendak kita beli, dimana kita akan membelinya dan menentukan waktu maupun kualitas saat melakukan pembelian.

Sampai-sampai karena banyaknya produk yang dipromosikan oleh seorang marketing membuat Anda kebingungan dalam menentukan pilihan mana produk yang terbaik. Jadi kita sebagai konsumen dapat dijadikan informasi yang dibutuhkan oleh para Marketer dalam melakukan kegiatan marketing.

Bagi perusahaan, marketing memang merupakan kegiatan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan maju-mundurnya perusahaan, karena marketing memiliki fungsi untuk menghasilkan pemasukan.

Semakin besar pemasukan maka perusahaan akan semakin maju dan berkembang, sedangkan jika pemasukan kurang atau kecil maka perusahaan akan mengalami kemunduran.

Fungsi Marketing

Fungsi definsi dari marketing sangat banyak dilakukan karena memang kegiatan ini berhubungan dengan konsumen dan produsen. Keduanya saling membutuhkan dan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untuk fungsi marketing bisa sebagai pertukaran, distribusi fisik dan juga perantara berikut ini beberapa fungsi marketing pada perusahaan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Fungsi Pertukaran

Dengan marketing, konsumen bisa membeli produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan disalurkan melalui darat, air atau udara. Lalu penyimpanan produk dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan produk supaya tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan.

3. Fungsi Perantara

Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang seorang marketinglah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen. Aktivitas fungsi perantara antara lainnya seperti pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk, dsb.

Tugas Marketing

  • Sebagai bagian yang memperkenalkan suatu perusahaan kepada masyarakat, melalui produk yang dibuat oleh perusahaan tersebut, marketing bertugas dalam menghasilkan pendapatan bagi perusahaan dengan cara menjual produk perusahaan tersebut.
  • Bertugas dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat serta menjembatani antara perusahaan dengan lingkungan eksternal.
  • Bertugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk.

Strategi Pemasaran

Seperti yang telah diungkapkan di atas, agar kegiatan marketing bisa berjalan dengan baik, maka dibutuhkan strategi marketing yang baik pula. Strategi marketing merupakan sekumpulan rancangan dan juga rencana yang sengaja dibuat oleh perusahaan demi tercapainya kegiatan marketing yang efektif dan efisien sehingga perusahaan dapat lebih mudah mencapai tujuannya.

Dalam dunia marketing dikenal beberapa strategi marketing, berikut beberapa nya

1. Place

Agar kegiatan pemasaran berjalan dengan baik, maka perusahaan harus bisa menentukan tempat yang paling tepat untuk menjalankan kegiatan pemasaran.

2. Product

Selain tempat yang tepat, marketing berusaha melakukan riset untuk mengetahui produk apa saja yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen

3. Price

Agar konsumen tertarik, perusahaan harus menetapkan harga yang masuk akal dan juga tidak memberatkan konsumennya.

4. Promotion

Agar konsumen mengenal dan mengetahui produk yang sedang dipasarkan, diantaranya dengan melakukan direct selling melalui sales, periklanan melalui berbagai media (cetak, maupun digital), Hubungan Masyarakat (CRM) dan sebagainya.

5. Social Media Manager

Jejaring sosial sebagai tempat para calon pelanggan kita berkumpul haruslah menjadi perhatian khusus bagi semua marketer. Bisnis Anda tidak harus aktif di semua paltform, tapi cukup fokuskan pada salah satu channel entah itu YouTube, Instagram, atau yang lainnya.

6. Content Specialist

Sudah tidak zamannya lagi Anda melakukan promosi dengan berbicara mengenai produk atau jasa Anda saja. Pahami siapa target pasar Anda, pelajari masalah apa yang mereka miliki, dan buat bisnis Anda hadir sebagai solusi dari masalah mereka. Lebih lanjut mengenai apa tugas dan fungsi content specialist akan kami ulas lebih detail pada tulisan selanjutnya mengenai inbound marketing.

7. Automation Specialist

Tugas automation specialist lebih fokus pada tools-tools marketing yang bisa dijalankan secara otomatis ataupun semi-otomatis. Salah satu tools yang banyak digunakan adalah online advertisements alias periklanan online. Mengapa iklan online dapat disebut automasi?

Karena dalam men-deliver sebuah iklan di internet, penyedia layanan akan menggunakan algoritma khusus sehingga iklan kita dapat sampai pada target pasar tertentu yang kita tuju berdasarkan minat, hobi, hingga kebutuhan si target pasar kita.

Konsep Marketing

Mengacu pada pengertian marketing di atas, secara garis besar ada empat konsep dasar marketing. Adapun konsep marketing adalah sebagai berikut:

1. Produksi

Produksi adalah proses mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau menambah nilai guna suatu produk (barang maupun jasa). Tim marketing suatu perusahaan harus melakukan riset untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasar.

Selai itu, tim marketing juga harus mengamati para pemain di ceruk tersebut dan harga yang berlaku di pasar. Inilah yang menjadi acuan dalam perencanaan dan produksi yang dilakukan oleh perusahaan.

2. Produk

Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak. Produk dapat dibedakan dalam 3 kategori, yaitu barang, jasa, dan gagasan/ ide.

Semua konsumen menginginkan produk yang berkualitas, harga terjangkau, dan unik. Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi menjadi hal yang penting dalam proses marketing itu sendiri. Tanpa adanya produk berkualitas maka dengan sendirinya proses marketing akan sangat sulit dilakukan.

3. Pemasaran

Pemasaran adalah semua aktivitas yang dilakukan seseorang atau organisasi dalam upaya memenuhi permintaan pasar. Kegiatan pemasaran ini meliputi menciptakan produk bernilai jual, penentuan harga, promosi, pelayanan pelanggan, dan lain-lain.

Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu pasar. Dengan kata lain, kepuasan konsumen menjadi sesuatu yang sangat penting dalam proses pemasaran.

4. Penjualan

Semua aktivitas produksi dan pemasaran pada akhirnya akan bermuara pada angka penjualan produk. Semakin besar angka penjualan maka idealnya keuntungan perusahaan juga akan semakin besar.

Kegiatan penjualan ini seringkali dilakukan dengan memberikan nilai tambah kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan bonus dengan jumlah pembelian tertentu yang pada akhirnya menambah angka penjualan.

Beberapa contoh Teknik Pemasaran Yang Termasuk Dalam Digital Marketing:

  • SEO – Search Engine Optimization
  • Periklanan online – FB ads, Adwords, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (video tron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing
  • dan lain-lain

Tips Menjadi Marketing

1. Mengenali Costumer Anda

langkah pertama yang dapat dilakukan dalam proses marketing adalah mengenal customer dengan baik. Bila langkah ini dilakukan maka Anda bisa mengetahui apa kebutuhan dari costumer Anda.

Dengan demikian akan mudah untuk Anda memberi solusi, sehingga penjualan akan semakin mudah. Buatlah pendekatan secara alami seperti halnya Anda melakukan pendekatan terhadap pasangan, jika terlalu buru-buru, maka pasangan Anda akan merasa tidak nyaman bukan? Ini berlaku juga dalam melakukan pendekatan kepada costumer.

2. Konsisten

Konsisten adalah senjata paling ampuh dalam dunia marketing, mereka yang banyak berhasil karena mereka konsisten menjalankan misi marketing mereka, tidak peduli apa kata orang lain tentang profesinya, selama itu baik dan halal kenapa harus malu.

Konsisten itu senjata wajib bagi seorang marketing, karena banyak yang gagal ditengah jalan disebabkan mereka tidak bisa konsisten, tumbang karena omongan miring orang lain tentang dirinya.

3. Perhatikan Kompetitor

Jika bidang usaha anda sudah banyak terdapat kompetior yang sejenis, Anda bisa mengevaluasi cara kerja mereka, cari tahu layanan atau kelebihan suatu produk atau jasa yang tidak mereka miliki, itu bisa menjadikan produk atau jasa Anda memiliki nilai lebih di mata komsumen.

4. Keluar Dari Comfort Zone

Jangan pernah merasa bahwa yang Anda raih saat ini sudah cukup memuaskan. Anda bekerja dengan target, jika Anda bisa untuk mendapatkan yang lebih maka tidak ada alasan bagi Anda untuk berhenti.

Beranikan diri Anda untuk melangkah keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan tantangan baru, misalnya mendapatkan client dari kalangan yang pernah Anda masuki sebelumnya. Hal ini akan menuntut Anda untuk memiliki kemampuan kecepatan beradaptasi.

5. Perluas Dan Perbanyak Relasi Anda

Relasi itu sangat penting sekali dalam dunia marketing. Para pakar marketing mengatakan bahwa orang yang setiap harinya selalu bertambah teman, maka mereka akan sangat beruntung sekali, karena dengan banyak relasi bisnis Anda akan cepat menyebar dan dikenal banyak orang.

Mungkin teman pertama tidak tertarik tapi dia punya teman lagi dan kemudian bercerita tentang produk anda sehingga mereka akan saling bercerita kepada teman yang lain, begitu seterusnya. Hal ini akan membuka kesempatan sukses yang semakin besar bagi anda.

Itulah pengertian marketing yang bisa dijadikan salah satu informasi atau referensi untuk Anda. Marketing memang menjadi salah satu peran penting dari proses jual beli dari produsen ke konsumen. Semua jenis kegiatan marketing sangat bermanfaat untuk kedua belah pihak