Memiliki Peluang Besar, Usaha Home Industri Modal Kecil Untung Gede

Industri bisnis merupakan suatu lahan untuk memutarkan uang anda. Banyak orang melakukan bisni dengan berbagi cara. Karena bisnis tersebut ragam pelaksanaanya. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan bisnis? Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang dan jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu business yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Penggunaan kata bisnis dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:

  1. Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
  2. Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
  3. Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.

Dan adapun salah satu bisnis yang kian ramai dilakukan ialah Home Industri. Namun apakah Home Industri ? Berikut penjelasannya.

Pengertian Home Industri

Home industri adalah usaha di rumah dan tempat tinggal yang merangkap tempat usaha, baik itu berupa usaha jasa, kantor hingga perdagangan. Semula pelaku home industri yang mempunyai desain ini adalah kalangan enterpreneur dan profesional, yang sekarang mulai meluas pada kalangan umum.

Untuk mempunyai lokasi yang strategis untuk tempat berkembangnya usaha jenis rumahan ini tidak terlepas dari berkembangnya virus enterpreneur/kewirausahaan yang dapat berperan membuka pola pikir ke depan masyarakat bahwa rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal namun dapat digunakan juga sebagai tempat mencari penghasilan. Usaha home industri atau bisnis industri rumah tangga, saat ini semakin banyak diminati.

Hal ini terbukti dari menjamurnya berbagai industri rumahan dengan beranekaragam jenis produk maupun jasa yang di geluti. Sempitnya lapangan pekerjaan dan besarnya tingkat persaingan para pencari kerja, bagaikan sebuah energi pendorong terciptanya wirausahawan-wirausahan muda berbakat yang ikut membantu membuka lebih banyak lagi lapangan kerja di berbagai sektor industri.

Pada umumnya, pelaku kegiatan ekonomi yang berbasis di rumah ini adalah keluarga itu sendiri ataupun salah satu dari anggota keluarga yang berdomisili di tempat tinggalnya itu dengan mengajak beberapa orang di sekitarnya sebagai karyawannya. Meskipun dalam skala yang tidak terlalu besar, namun kegiatan ekonomi ini secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan untuk sanak saudara ataupun tetangga di kampung halamannya.

Dengan begitu, usaha perusahaan kecil ini otomatis dapat membantu program pemerintah dalam upaya mengurangi angka pengangguran. Lagi, jumlah penduduk miskinpun akan berangsur menurun. Peluang usaha rumahan sekarang ini bisa dikembangkan menjadi peluang pendapatan yang potensial dan mudah dikembangkan baik secara offline maupun online. Peluang-peluang ini dibagi dalam dua model usaha yakni offline dan online.

1. Usaha Home Industri Online

Kemajuan teknologi saat ini otomatis juga turut mempengaruhi perkembangan di bidang telekomunikasi. Hal inilah yang pada akhirnya mendorong terbukanya berbagai peluang bisnis. Seperti memanfaatkan media online sebagai sarana berbisnis yang mampu menjangkau lebih luas, tanpa terbatas ruang dan waktu.

Disamping itu memulai bisnis online dapat dilakukan dengan modal yang minim dan hanya membutuhkan perlengkapan yang sederhana, seperti gadget/laptop/PC serta jaringan internet yang handal. Dan berikut contoh peluang usaha home industri secara online.

-Menjual Produk Secara Online

Bertahun-tahun para pengukir kayu Jepara menjual keindahan karya mereka secara konvensional dengan mendirikan galeri di pinggiran jalan di Kota Jepara. Tapi kini sebagian seniman alam ini telah menggunakan internet untuk menjual produknya. Langkah itu menciptakan keuntungan besar bagi mereka karena memotong biaya marketing besar-besaran.

Cukup dengan memajang foto segala perkakas mereka di halaman market place alias pasar online dan order berdatangan dari sana. Cara kerja seperti ini membuat jualan mebel online menjadi peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan. Keunggulan sistem jual beli ini adalah anda akan bisa memberikan penawaran harga yang lebih murah dibanding warga harus beli secara langsung di toko. Soalnya, penjualan online bisa memotong biaya distribusi karena langsung dijual dari pabrik.

Tak hanya pengukir kayu Jepara saja, tetapi juga berbagai kebutuhan seperti makanan, fashion mulai dari pakaian dan segala perlengkapannya semisal sepatu, alat kecantikan dan sebagainya. Dengan harga yang lebih rendah ketimbang toko. Kehebatan usaha hone industri online adalah bisa menghadirkan produk yang tak banyak tersedia di toko.

Bisnis Home Industri sangat populer sekarang ini karena memaksimalkan ketrampilan setempat dengan memaksimalkan sumber daya yang ada demi mendapatkan hasil yang optimal. Apabila anda mempunyai ketrampilan khusus dan bisa mengupayakan bahan serta alat yang diperlukan untuk mengolah hingga mendapat hasil akhir yang dapat dijual, tidak ada salahnya bagi anda untuk memulai sebuah usaha home industri jika anda memiliki keahlian janganlah ragu untuk memulai.

2. Usaha Home Industri Offline

Jenis usaha yang bisa dikembangkan di rumah dengan mengandalkan pasar lokal yakni kawasan tempat anda tinggal dan sekitarnya. Pendapatan pada model usaha ini berasal dari konsumen yang datang ke rumah anda dan melakukan pembelian produk atau jasa yang anda sediakan.

Kepercayaan adalah landasan yang sangat penting dalam usaha ini karena sebagian besar konsumen anda adalah orang-orang yang dikenal. Kualitas produk yang buruk atau pelayanan jasa yang tidak mumpuni bakal menjadi hambatan besar dan bisa membuat usaha anda gagal. Dan berikut beberapa peluang Usaha Home Industri Offline yang dapat anda lakukan.

-Mengolah Kain Perca

Memulai usaha Home Industri dengan mengolah kain perca menjadi kreatifitas yang dapat dimanfaatkan lagi sepertinya dapat menjadi pertimbangan anda. Sedangkan macam kreatifitas yang dapat dilakukan dengan kain perca sungguh sangat beragam. Contohnya saja dengan mengubah kain perca menjadi tas anak, sarung bantal, celemek memasak, sprei dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Hal ini juga akan sangat dipengaruhi oleh daya imajinasi anda dalam mengolah kain perca menjadi produk yang memiliki nilai jual. Anda juga mampu mengolah kain perca dengan harga yang dapat bersaing. Dengan demikian, tak ayal anda pun juga mampu semakin mengembangkan kualitas produk dari usaha Home Industri anda dengan olahan berbagai jenis serta motif, maka jangan takut untuk mulai mengembangkan usaha anda.

-Di Bidang Makanan

Selain mengolah Kain Perca, terdapat usaha rumahan yang baik jika anda tiru. Nah, usaha tersebut ialah usaha cemilan (makanan ringan). Tentu sudah pada tahu dong keripik pisang? Cemilan yang enak di santap kapanpun dan dimanapun, serta sehat dan mengandung vitamin.

Merupakan salah satu contoh home industri yang banyak di geluti oleh masyarakat, karena bahannya yang mudah di dapat serta pengolahannya yang mudah. Contoh Makanan Ringan (keripik).

  • Keripik Singkong

Kalau makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi buat kita semua, karena memang singkong merupakan makanan khas indonesia sejak jaman penjajahan belanda dulu, bahkan dahulu kala merupakan bahan makanan pokok nenek moyang kita.

Nah untuk pospek home industri keripik singkong ini saya rasa juga masih sangat bagus, karena sampai saat ini masih memiliki penggemar tersendiri di masyarakat Indonesia, terbukti dengan adanya beberapa merek makanan kripik pisang yang sudah di produksi sekala pabrik nasional.

  • Keripik Tempe

Kelebihannya dari camilan yang lain, keripik tempe yang berbahan dasar kedelai tentu merupakan camilan yang sehat dan penuh gizi, sehingga sangat cocok buat anak-anak yang doyan ngemil tapi ingin tetap sehat.

Usaha home industri sekarang ini semakin banyak diminati masyarakat, sebab selain bisa dilakukan dirumah dengan konsep sederhana dan juga mejanjikan. Apalagi jika produk yang dihadirkan banyak yang dibutuhkan masyarakat serta mampu berkreativitas dan berinovasi menciptakan produk yang berbeda, maka akan mudah diterima oleh pasar.

Selain usaha makanan dan pakaian, masih banyak usaha home industri lainnya, seperti halnya usaha bahan pokok makanan (beras, minyak dan bahan makanan lainnya). Adapun beberapa ciri home industri, bisa anda lihat dibawah ini.

Ciri-ciri Home Industry

Usaha yang satu ini memiliki ciri khas dalam hal modal yang minim, sebagian besar pemilik usaha adalah kepala rumah tangga dan tenaga kerja berasal dari pihak keluarga tersebut. Bisnis industri rumah tangga juga cenderung memproduksi aneka karya tangan manusia seperti, makanan ringan, kerajinan, furniture, anyaman dan sebagainya. Adapun karakteristik dari home idustri yang ada dalam kehidupan masyarakat, antara lain;

  • Jenis barang/komoditi yang diusahakan umumnya telah tetap tidak gampang berubah.
  • Lokasi/tempat usaha umumnya telah menetap tidak berpindah-pindah.
  • Pada umumnya telah melakukan administrasi keuangan walau masih sederhana, keuangan perusahaan sudah mulai dipisahkan dengan keuangan keluarga, sudah membuat neraca usaha.
  • Sudah mempunyai izin usaha dan persyaratan legalitas lainnya termasuk NPWP.
  • Sumber daya manusia (pengusaha) mempunyai pengalaman dalam berwira usaha.
  • Sebagian telah akses ke perbankan dalam hal keperluan modal.
  • Sebagian besar belum bisa membuat manajemen usaha dengan baik seperti business planning.

Bertambahnya jumlah keluarga tentu saja akan menambah jumlah kebutuhan dalam memenuhi keperluan anggota keluarga itu sendiri semakin meningkat. Kebutuhan keluarga ini akan terasa ringan terpenuhi jika ada usaha yang mendatangkan income atau penghasilan keluarga untuk menutupi kebutuhan tersebut.

Home Industri yang pada umumnya berawal dari usaha keluarga yang turun menurun dan pada akhirnya meluas ini secara otomatis dapat bermanfaat menjadi mata pencaharian penduduk kampung di sekitarnya.

Kegiatan ekonomi ini biasanya tidak begitu menyita waktu, sehingga memungkinkan pelaku usaha membagi waktunya untuk keluarga dan pekerjaannya. Nah, demikianlah informasi diatas, semoga artikel pada hari ini memberi pengetahuan dan memberi manfaat khususnya bagi anda yang ingin mencoba usaha rumahan.