Waralaba : Peluang, Tips dan Kelebihan serta Kekurangan

Bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Bisnis ini merupakan jenis usaha yang mana termasuk usaha bersama, dimana pemilik modal mengajukan kerjasama dengan pemilik waralaba sehingga terjalinlah hubungan kerjasama yang saling menguntungkan. Bisnis waralaba sendiri dapat di mulai dengan modal yang kecil namun dengan keuntungan yang besar.

Usaha ini sangat cocok di jalankan oleh pemula mengingat usaha ini di jalankan bersama, bahkan kita akan mendapat pelatihan saat menjalankannya. Tetapi, sebelumnya kamu yang ingin membuka usaha harus tahu dulu bidang apa yang cocok untuk kamu dan yang pasti nya laku di kalangan masyarakat. Berikut ini beberapa Peluang Bisnis Waralaba Modal Kecil yang bisa kamu terapkan :

Peluang Bisnis Waralaba Modal Kecil

1. Kesehatan & Kecantikan

Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah alasannya mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis bidang kesehatan dan kecantikan menawarkan waralaba-nya kepada calon pengusaha seperti kamu, tapi sebaiknya pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Misalnya kamu ingin memiliki usaha spa, pilihlah bisnis franchise spa yang sudah cukup terkenal dan biayanya terjangkau.

2. Jasa Pendidikan & Pelatihan

Ternyata ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan waralaba bagi calon pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila kamu adalah seseorang yang memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka kamu harus mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang murah. Ada diantara mereka yang menawarkan waralabanya dengan harga yang sangat mahal, tentunya kita harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

3. Makanan & Minuman

Menjalankan bisnis waralaba makanan & minuman memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Merintis bisnis makanan, misalnya restaurant atau tempat makan dengan merk dagang baru adalah sebuah tantangan yang cukup sulit, terutama untuk orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis makanan sebelumnya.

Dan menjalankan usaha franchise makanan/ minuman menjadi salah satu opsi yang sangat tepat untuk permasalahan tersebut. Ada banyak usaha waralaba makanan & minuman yang menawarkan franchise-nya dengan harga yang relatif murah, tapi memang tidak semua cocok dengan kamu. Sebaiknya kita memilih bisnis waralaba makanan & minuman yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.

4. Bidang Retail

Secara singkat bisnis retail bisa definisikan sebagai usaha menjual produk, baik itu barang atau jasa kepada perorangan/ keluarga untuk memenuhi keperluan si pembeli. Tidak jarang orang menganggap bahwa bisnis retail hanya menjual produknya di sebuah toko. Pada kenyataannya penyewaan komik, dokter gigi, dan beberapa usaha retail lainnya tidak selalu berbisnis melalui toko pada umumnya.

Saat ini ada banyak bisnis retail yang ditawarkan kepada masyarakan dengan sistem waralaba. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin memiliki bisnis retail dengan brand yang bisa langsung dikenal masyarakat dan sudah memiliki SOP (standar operational procedure) yang jelas.

5. Laundry & Jasa Kebersihan

Kalau kita perhatikan, bisnis laundry ternyata punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis ini dijalankan di lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba Laundry, biasanya franchisor (pemilik waralaba) akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis ini.

Biasanya bisnis waralaba laundry dan jasa kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan, dekat kampus, dan kost-kostan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka dari pada harus mencuci sendiri. Selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan harga jasanya juga relatif murah.

Ketika kita ingin menjalankan bisnis ini, pastikan kita memilih usaha waralaba yang punya reputasi baik dan mau memberikan solusi pada masalah kamu sebagai pemula dalam bisnis ini. Untuk bisnis ini, lebih baik mengeluarkan modal agak besar di awal untuk waralaba dari franchisor yang punya reputasi baik, daripada modal kecil tapi potensi resiko lebih besar karena franchisor tidak memiliki reputasi dalam bisnis jasa laundry.

Jika kamu sudah tahu bisnis apa yang akan kamu jalankan alangkah baiknya jika membaca tips sukses memulai usaha waralaba berikut ini :

Tips Usaha Waralaba Modal Kecil

1. Pilih Waralaba Yang Banyak di Cari Konsumen

Jika suatu jenis produk atau barang di sukai banyak orang, tentunya hal tersebut cukup bagus untuk berbisnis. Usaha waralaba yang paling di cari konsumen untuk saat ini ialah usaha waralaba kuliner, hampir di setiap sudut kota pasti ada saja usaha kuliner ini, bagi kamu yang tertarik dengan waralaba kuliner baca saja Contoh Bisnis Waralaba Kuliner Usaha Modal Kecil. Untuk mengetahui apakah usaha waralaba tersebut banyak di cari konsumen, kamu harus melakukan survei atau pengamatan dengan cara melihat langsung usaha waralaba yang akan kamu jalankan.

2. Dengan Pelayanan Yang Baik

Bergabung dengan merk dagang harus pintar-pintar, kamu harus bergabung dengan pemilik waralaba yang memberikan pelayanan prima, seperti garansi produk atau barang, pelayanan atau informasi kepada kamu, pelatihan atau kursus dan lain sabagainya yang masih berkaitan dengan usaha waralaba.

3. Dekat Dengan Rumah

Saat ini usaha waralaba memang memiliki banyak sekali jaringan, sehingga tak heran apabila lokasi merk dagang tersebut berada di wilayah A namun kita menjalankannya di wilayah Z, namun sebagai pemula alangkah baiknya jika kamu bergabung dengan usaha waralaba yang ada di sekitar rumah kamu, paling tidak masih se kabupaten. Hal tersebut akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi tentang usaha tersebut, selain itu dengan lokasi yang dekat usaha waralaba akan jauh lebih mudah untuk di jalankan.

4. Yang Mudah di Jalankan

Hal pertama yang wajib kamu lakukan ialah mencari usaha waralaba yang mudah untuk di geluti, karena sebagai pemula memulai suatu hal harus dari yang mudah dulu baru bisa menjalankan yang rumit. Usaha waralaba yang mudah ialah usaha waralaba yang tidak terlalu menyita waktu dan pikiran, pastikan waralaba tersebut bersifat mudah dan praktis untuk di jalankan.

5. Pilih Waralaba dengan Harga Produk Terjangkau

Faktor harga cukup penting dalam sebuah bisnis, harga yang terjangkau dengan kualitas prima tentunya menjadi primadona di mata konsumen. Nah, kamu harus mencari usaha waralaba yang mana produknya cukup murah dan terjangkau oleh semua kalangan.

Namun, sama hal nya dengan bisnis pada umum nya. Bisnis waralaba ini juga memiliki keuntungan dan kelebihan nya. Untuk meyakinkan kamu dengan bisnis waralaba ini kamu harus tahu mengenai keuntungan dan kekurangan nya, berikut ini lah keuntungan dan kekurangannya :

Keuntungan Waralaba

  • Manajemen bisnis telah terbangun

Bisnis waralaba memberikan keuntungan untuk berbisnis di bawah bendera bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Ide, penamaan dan manajemen suatu bisnis telah di uji coba sebelumnya dan siap untuk di implementasikan pada lokasi yang baru.

  • Manajemen finansial yang lebih mudah

Investor cenderung lebih suka untuk memberikan modal pada bisnis yang telah kokoh dari segi finansial dan jaringan pemasaran. Dengan menggunakan bisnis waralaba, sistem manajeman finansial telah di tetapkan oleh pemilik waralaba utama, sehingga kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan manajemen finansial seperti membangun bisnis baru.

  • Dukungan dan keamanan yang lebih kuat

Pemilik waralaba biasanya akan memberikan pelatihan seperti manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain lain. Hal – hal seperti ini biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.

  • Sudah dikenal masyarakat

Pemasaran bisnis waralaba cenderung lebih mudah, karena bisnis sebelumnya lebih terdahulu di kenal masyarakat. Dengan kata lain, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru.

  • Kerjasama bisnis telah terbangun

Orang yang membeli waralaba bisa mendapatkan keuntungan kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Contohnya kerjasama dengan pemasok bahan baku, pihak periklanan dan juga pemasaran.

  • Bisa mendapat untung lebih besar?

Banyak orang berpikir bahwa keuntungan dari bisnis waralaba adalah mendapatkan keuntungan lebih besar karena brand telah dikenal banyak orang. Tapi pada kenyataannya, hal ini tidak selalu terjadi. Biaya yang dikeluarkan oleh pembeli waralaba kepada pihak pemilik waralaba tentunya dipotong dari keuntungan yang didapat. Pembeli waralaba akan mendapatkan banyak kemudahan di saat-saat awal usaha, tapi untuk jangka panjang, para pemilik waralaba kadang menemukan bahwa memulai bisnis sendiri mungkin akan jauh lebih menguntungkan.

Kekurangan Bisnis Waralaba

  • Sangat terikat dengan supplier

Untuk mendapatkan keuntungan yang mencukupi, tentunya setiap pengusaha menginginkan modal yang kecil. Salah satu caranya adalah mencari supplier yang murah. Dengan menggunakan sistem waralaba, pihak pemasok barang pun telah ditentukan. Sehingga kita tidak bisa memilih lagi supplier yang lebih murah.

  • Biaya waralaba

Pihak pemilik waralaba akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian waralaba. Kemudian biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi para pembeli waralaba.

  • Ketergantungan pada reputasi waralaba lain

Salah satu kekurangan terbesar dari waralaba adalah tergantungnya reputasi waralaba terhadap waralaba yang lain. Jika waralaba yang lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, maka hal ini juga akan mempengaruhi waralaba yang kamu kelola.

  • Pemotongan keuntungan

Pembeli waralaba di haruskan untuk membayar royalti dari sejumlah keuntungan yang didapatkan. Jika keuntungan yang didapatkan sedikit, berarti keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutupi biaya ini.

  • Kurang kendali

Salah satu kekurangan dari bisnis waralaba adalah kurangnya kendali dari pembeli waralaba terhadap bisnisnya sendiri, karena semua sistem telah ditentukan oleh pemilik waralaba. Sehingga ruang gerak pembeli waralaba sangat terbatas. Ide-ide untuk berkreatifitas pun terkadang tidak bisa diaplikasikan, karena adanya perjanjian-perjanjian khusus.

Memulai usaha waralaba memang membutuhkan kesiapan fisik dan mental, perlu perencanaan yang matang sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha waralaba. Nah, dengan adanya artikel ini semoga membantu kamu yang ingin membuka bisnis waralaba. Terimakasih telah membaca dan semoga kamu sukses dengan bisnis nya.